Minggu, 02 Juni 2013

Iman Kepada Malaikat


Iman kepada Malaikat adalah kita menyakini bahwa Malaikat adalah makhluk ghoib yang diciptakan dari Nur (cahaya) yang memiliki akal tapi tidak memiliki nafsu dan mereka adalah makhluk yang Ta'at kepada Allah dan tidak mengingkari perintah Allah.

Hukum beriman kepada Malaikat adalah fardhu'ain, maka siapa yang tidak mengimani adanya Malaikat berarti dia kufur kepada ayat-ayat dan hadits-hadits yang telah menyatakan bahwa Malaikat itu ada.

Perintah untuk beriman kepada Malaikat disebutkan seperti dalam Surah Al-Baqoroh ayat 285 Allah Berfirman: "Segala mereka yang beriman, semuanya beriman kepada Allah dan Malaikat-Nya"

Serta Sabda Nabi: "(Iman Itu ialah engkau beriman kepada Allah, Malaikatnya, .... "

Adapun jika Antum bertanya, berapa jumlah malaikat, maka simaklah surah Al-Muddassir: 31 "Dan tidak ada yang mengetahui tentara (malaikat) Tuhanmu, melainkan Dia sendiri", nah ayat ini menjelaskan bahwa jumlah Malaikat itu tidak diketahui.

Lalu bagaimana ciri-ciri orang yang beriman kepada Malaikat?
Ciri-ciri orang yang beriman dari hatinya memiliki keyakinan:
  1. Mempercayai bahwa Malaikat adalah makhluk ghoib serta malaikat diciptakan lebih dahulu dan asal penciptaannya adalah dari Nur (cahaya)
  2. Mempercayai bahwa malaikat mempunyai sifat: tidak durhaka kepada Allah, tidak makan, tidak tidur, tidak minum, tidak memiliki nafsu akan tetapi mereka selalu taat kepada Allah
  3. Mempercayai bahwa malaikat memiliki tugas-tugasnya masing-masing
 Adapun tanda-tanda beriman kepada Malaikat dari sifatnya, yaitu:
  1. ia menyakini di lisan, bahwa Malaikat itu ada
  2. ia melakukan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan sifat/perilaku beriman kepada malaikat, seperti
  • berkata-kata yang baik
  • sholat berjamaah dimasjid bagi laki-laki
  • bershodaqoh
  • berakhlak mulia
Karenanya sebagai orang yang beriman, hendaklah kita menyakini adanya malaikat dihati kita, lalu kita imani dilisan dan diperbuatan kita, Barokallahufikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar